10 Sarapan Khas Indonesia

1. Nasi Kuning

400x300 Nasikuning.jpgNasi kuning adalah makanan khas Indonesia. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama dengan kunyit serta santan dan rempah-rempahDalam tradisi Indonesia warna nasi kuning menggambarkan kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan.

2. Nasi Pecel

500x334 734685581_3902e7a1d8.jpgPecel adalah makanan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terbuat dari rebusan sayuran berupa bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal pecel. Konsep hidangan pecel ada kemiripan dengan salad bagi orang Eropa, yakni sayuran segar yang disiram topping mayonaise. Cuma untuk pecel toppingnya sambal pecel.

3. Lontong Sayur

450x338 Lontong-sayur-bp.jpgLontong jenis ini penyebarannya banyak banget di Indonesia.. mulai dari lontong sayur medan sampe yang cap gomeh..Bahannya ya lontong, santan, kacang panjang, bawang goreng, dan lauknya tergantung selera. Tahu bisa, ayam bisa, ikan juga masuk…

4. Mie

500x375 Indomie4.jpgIni adalah menu buat orang-orang yang pengennya cepet, praktis, murah meriah masaknya gampang banget, bodo banget klo ga bisa masak ini.. kadang penyajiannya dikasi telor rebus, telor ceplok, ayam, atau pentol bakso.. tapi banyak juga yg asli ga pake lauk alias kosongan, biar kosongan tapi tetep.

5. Nasi Krawu

350x263 Nasi-krawu.jpgNasi Krawu adalah makanan khas kota Gresik. Makanan ini merupakan campuran dari nasi dan daging sapi dengan kadar minyak yang termasuk tinggi. Ada pula yang menambahkan dengan rempelo (usus, babat, dll), cingur, bahkan mata sapi. Makanan ini tidak memakai sayur-sayuran. Hal yang menarik dari nasi krawu adalah meskipun nasi ini khas Gresik tapi semua penjualnya adalah orang madura.

6. Nasi Kucing

300x225 Nasi-kucing-rp-1000.jpgNasi kucing (atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan “segĂ„ kucing”) bukanlah suatu menu tertentu tetapi lebih pada cara penyajian nasi bungkus yang banyak ditemukan pada warung angkringan. Dinamakan “nasi kucing” karena disajikan dalam porsi yang (sangat) sedikit, seperti menu untuk pakan kucing. Nasi kucing adalah sebentuk nasi rames, dengan menu bermacam-macam: tempe kering, teri goreng, sambal goreng, babat, bandeng, usus, kepala atau cakar ayam serta sate telur puyuh, yg makin nikmat kalau dibakar dahulu sebentar sebelum disajikan. Nasi kucing dikenal di berbagai tempat di Jawa Tengah (termasuk Yogyakarta) dan sangat populer di kalangan mahasiswa karena harganya lumayan murah untuk ukuran kantong anak kos, selain itu rasanya juga pas di lidah orang Indonesia.

7. Nasi Uduk

399x346 Nasiuduk2-1.jpgNasi uduk adalah nama sejenis makanan terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang.

8. Bubur Ayam

450x338 Bubur-ayam-sibungsu.jpgIni juga favorit banyak orang… paling sip kalo buburnya tu gurih dan nendang-nendang. , Enaknya kalo maem buryam ya pagi-pagi… plus yang anget-anget. ..


9. Nasi Liwet

400x300 Nasi Liwet.jpgNasi liwet adalah makanan khas kota Solo. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Penduduk kota Solo biasa memakan nasi liwet setiap waktu mulai dari untuk sarapan, sampai makan malam. Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan (tanpa kursi). Tempat paling terkenal untuk penjualan nasi liwet (warung lesehan) adalah di daerah Keprabon yang hanya berjualan pada malam hari.

10. Nasi Jagung

400x300 Nasijagung.jpgNasi jagung (Nasek ampog) adalah variasi nasi khas bagi masyarakat Madura. Nasi ini terdiri dari nasi putih yang dicampur dengan biji jagung yang telah dimasak bersama dengan nasi tersebut. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Nasi ini juga pengganti makan nasi buat penderita diabetes..

This entry was posted in Mozaic. Bookmark the permalink.

101 Responses to 10 Sarapan Khas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.