Paying Forward

Orang-orang yang melayani diri sendiri menganggap bakat dan sumber daya mereka sebagai milik mereka. Orang yang melayani orang lain menganggap semua itu sebagai pinjaman. ~ John C Maxwell

Dalam bukunya Talent Is Never Enough, John Maxwell menceritakan sebuah kisah yang sangat menyentuh. Ada seseorang yang bisa keluar dalam keadaan hidup dari Holocaust (sebuah pembunuhan besar-besaran yang dilakukan oleh Jerman pada masa kepemimpinan Hitler – Red), pria ini adalah Elie Wiesel. Elie memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1986, karena cara hidupnya setelah dia keluar dari camp Nazi. Elie memberikan tahun-tahun kehidupannya untuk membayar kepada orang lain atas kehidupan yang masih dia nikmati. Salah satu yang dilakukannya adalah bagaimana dia mengajar sebagai seorang professor di Boston University.

Ia sering juga bepergian untuk berbicara dan membagikan hikmat yang ia dapatkan dari pengalaman hidupnya. Salah satu pertanyaan yang ia ajukan kepada anak-anak muda di masa itu adalah, “Bagaimana Anda akan menyesuaikan diri dengan kesempatan dan berkewajiban istimewa yang masyarakat anggap layak untuk diberikan kepada Anda?” Sementara itu, ia akan menuntun mereka, ia membagikan tanggung jawabnya kepada orang lain:

“Apa yang saya terima harus saya bagikan kepada orang lain. Pengetahuan yang saya miliki tidak boleh terpenjara dalam otak saya. Saya berhutang kepada banyak pria dan wanita dan harus melakukan sesuatu atasnya. Saya merasakan kebutuhan untuk membayar kembali apa yang telah diberikan kepada saya. Sebut saja itu sebagai rasa syukur… Belajar, berarti menerima dalil bahwa kehidupan tidak dimulai saat saya dilahirkan. Orang lain telah ada sebelum saya, dan saya melangkah dalam jejak-jejak mereka.”

Melatih tanggung jawab ini akan membawa Anda untuk melakukan hal-hal besar. Itu akan memperkuat bakat Anda. Itu akan meningkatkan kualitas kehidupan Anda sepanjang hari dan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Tetapi itu juga akan memperbaiki kehidupan orang-orang di sekitar Anda.

Sumber: Talent Is Never Enough, John C Maxwell; Immanuel Publishing; Jawaban.com

This entry was posted in Inspiring Stories. Bookmark the permalink.

1,089 Responses to Paying Forward

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *